.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Minggu, 30 Desember 2012

Pulau Indah yang Tersembunyi


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam pulau dengan panoramanya masing-masing. Biota laut di Indonesia juga mempunyai banyak ragam yang memiliki daya pikat untuk wisatawan terlebih para wisatawan yang gemar diving. Dengan berbagai macam kekayaan yang dimiliki Indonesia, seharusnya Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai tempat wisata yang indah dengan panorama yang eksotis. Salah satu contoh pulau di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa dan sudah dikenal dimata dunia adalah Bali. Kepulauan Bali yang memiliki pesona yang luar biasa itu memang banyak diminati oleh para tourist dari dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi selain Bali, ternyata masih banyak pulau di Indonesia yang tidak kalah indahnya dengan Bali bahkan jauh lebih indah dibangdingkan dengan Bali. Tempat-tempat seperti itulah yang seharusnya diperhatikan oleh pemerintah setempat agar dapat dijadikan objek wisata dunia karena tempat tersebut tidak kalah indahnya dengan tempat wisata yang ada di luar negeri. Kepulauan yang indah tetapi masih belum dikenal keberadaannya adalah Kepulauan Raja Ampat, Kepulauan Lombok, Pulau Belitung, dan masih banyak lagi pulau-pulau di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa. Potensi-potensi untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia masih terbuka lebar jika tempat yang memiliki potensi tersebut dimanfaatkan dengan baik dan tidak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam penulisan ini akan membahas keindahan pulau di Indonesia yang belum terjamah oleh banyak wisatawan dan menjadikannya objek wisata yang memiliki prospek yang sangat jelas dan bagus.

1.2         Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang yang telah dijelaskan, dapat ditemukan beberapa permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini, yaitu :
1.        Apa saja pulau-pulau di Indonesia yang memiliki keindahan tetapi belum dikenal oleh banyak wisatawan?
2.        Apa saja potensi objek wisata yang ada pada pulau-pulau tersebut?
3.        Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan pulau-pulau indah tersebut tidak dikenal oleh banyak wisatawan?
4.        Upaya apa saja yang hendak dilakukan agar wisata di pulau tersebut dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri?

1.3         Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum diketahui oleh banyak wisatawan, mengetahui lebih dalam mengenai wisata yang ada di pulau tersebut dan keindahan apa saja yang ditawarkan oleh pulau-pulau yang indah tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pulau – Pulau Indah yang Ada di Indonesia
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak pulau yang indah. Tetapi pulau – pulau indah tersebut belum dikenal oleh masyarakat luas terutama para wisatawan dari mancanegara. Berikut ini adalah beberapa pulau indah yang ada di Indonesia :
1.        Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop)Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, danPulau Batanta.
Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku.
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.
2.        Pulau Lombok
Pulau Lombok adalah sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau bredasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.
Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melanda Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang.
3.        Pulau Belitung
Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil merupakan keindahan Pulau Belitung.
Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pulau ini dahulu dimiliki Britania Raya (1812), sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda, bersama-sama Bengkulu, dengan Singapura dan New Amsterdam (sekarang bagian kota New York). Kota utamanya adalah Tanjung Pandan. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar. Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda. Penduduk Pulau Belitung terutama adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.
4.        Pulau Bunaken
Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.
Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken. Sayang sekali akibat nama besarnya, banyak orang Indonesia yang bahkan tidak pernah menginjakkan kakinya di Tanah Lumimuut, merasa telah mengenal dan tahu tentang Bunaken, bicara tentang Taman Nasional Bunaken, berarti berbicara tentang International Heritage and a miracle of Bunaken. Banyak peneliti dari luar negeri sangat menyayangkan kesalahan informasi dari Indonesia. Bunaken lebih daripada sekedar tahu dalam buku, Bunaken adalah pengalaman menyelam.
5.      Green Canyon (Cukang Taneuh)
Green Canyon berada di daerah Pangandaran Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru. Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.
Dan masih banyak lagi yang lainnya pulau indah yang tersembunyi di Indonesia seperti, Pulau Sempu di Jawa Timur, Pulau Karimun Jawa di Jepara Jawa Tengah, Pulau Cubadak di Sumatra Barat, dan Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Itu semua merupakan harta Indonesia yang harus dijaga karena tempat-tempat tersebut merupakan objek wisata yang sangat berpotensi untuk kemajuan pariwisata di Indonesia sehingga Indonesia lebih dapat dikenal di mata dunia.

2.2     Potensi Objek Wisata di Pulau Indah yang Tersembunyi
Potensi wisata di Indonesia sangatlah banyak baik potensi keindahan alam, keindahan dunia bawah laut, keindahan budaya yang beraneka ragam dan masih banyak lagi potensi-potensi yang lainnya yang dapat dijadikan objek wisata menarik untuk wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Di dalam penulisan ini akan lebih membahas mengenai potensi wisata di pulau indah tetapi tersembunyi dan belum banyak dikenal oleh mata dunia.

Pulau Raja Ampat
Keindahan alam bawah laut Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat nyaris tak tertandingi di seluruh dunia. Kepulauan Raja Ampat berpenduduk 31.000 jiwa, berdiam dan menempati 35 pulau diantara 610 pulau yang ada, sedangkan sisa pulau yang ada, belumlah terjamah dan masih asri, dengan pesona keindahannya yang memikat. Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman ( diving ). Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Betapa tidak, terumbu karang di laut Raja Ampat, menurut beberapa penelitian dan riset yang telah dilakukan, dinilai sebagai kepulauan dengan terumbu karang terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Sungguh merupakan pengalaman berlibur yang tak akan disesali jika kita menyempatkan diri mengunjungi kepulauan Raja Ampat, menikmati keindahan keanekaragaman biota laut yang ada, memanjakan mata dengan indahnya hamparan pasir putih dan pemandangan yang begitu alami dan asri. Yang ditawarkan di Raja Ampat memang objek wisata bawah laut berkelas dunia. Ada lebih dari 650 jenis terumbu karang di kawasan kepulauan Raja Ampat. Semuanya tersebar di ratusan spot diving dan snorkling nan eksotis.
Selain itu, Kepulauan Raja Ampat juga menawarkan keindahan pulau-pulau karang. Ada ratusan pulau karang dari kecil hingga besar. Nama Raja Ampat sendiri diambil dari kisah dibalik nama empat pulau besar yang ada di Kabupaten Raja Ampat yaitu Waigeo, Misool, Batanta, dan Salawati.

Pulau Lombok
Pulau Lombok merupakan khasanah alam yang telah di anugerahkan Tuhan kepada kami. Selain memiliki pantai yang elok di belahan timur, selatan maupun Pantai Senggigi di bagian utara, juga memiliki air terjun “Sendang Gile” yang menjadi kebangaan kami, sekalipun mungkin tidak seindah Tawangmanggu di Batu-Malang yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, ataupun air terjun terbesar Niagara diperbatasan AS-Kanada, apalagi air terjun tertinggi di dunia, Victoria di Afrika Selatan. Nama air terjun kami “Sendang Gile”, tingginya tidak kurang dari lima puluh meter, dengan pancuran air yang sedemikian indahnya yang bersumber langsung dari perut gunung. Dingin, segar dan di percaya mampu meng”awet muda”kan mereka yang mandi di bawahnya.
Selain air terjun Sendang Gile, terdapat lima tempat yang sangat memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata karena keindahan alamnya.
1. Danau Segara Anak
Mungkin buat agan-agan, Pulau Lombok terkenal dengan wisata pantainya, namun selain pantai Pulau Lombok juga memiliki tempat-tempat wisata lain selain pantai, contohnya seperti Danau Segara Anak ini. Danau Segara Anak, merupakan sebuah danau yang terbentuk di Kaldera Gunung Rinjani yang berketinggian 3775 mdpl. Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri bendatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan ke indahan Danau tersebut. Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m dan Topografinya 2.010 mdpl, di Danau tsb banyak sekali ikan. Banyak orang datang ke sana bukan saja menyakisikan ke indahan Alamnya tapi juga sekaligus mancing. Di tengah-tengah Danau tsb terbentuk Kerucut Baru yang di namakan Gunung Baru Jari ("gunung baru jadi", dalam bahasa sasak) yang tingginya 2.376 mdpl. Gunung ini meletus terahir 2004 7 tahun yang silam. 
2. 3 Gili
Sebenarnya tidak hanya 3 gili (pulau kecil) ini saja yang terdapat di Pulau Lombok, masih banyak gili-gili lain yang mengitari Pulau Lombok, namun memang 3 Gili inilah yang namanya meroket hingga mancanegara. 3 Gili ini hampir tiap harinya tidak pernah sepi wisatawan, baik mancanegara, maupun domestik. 3 Gili ini terkenal dengan sebutan "3NP, no pollution, no police, no policy" (LOL). Di Gili ini kendaraan bermotor dilarang masuk demi menjaga kelestarian udara di sekitar pulau agar tetap fresh.Kendaraan yang tersedia antara lain seperti sepeda, cidomo (kereta kuda), dan sepatu/sendal (jalan kaki maksudnya). Akses ke Pulau ini, kira2 15 menit dari Pantai Senggigi, kemudian menggunakan perahu dari bangsal menuju Gili, dengan biaya Rp 10.000. 
3. Pantai Kuta
Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut. Pantai Kuta sepertinya akan menjadi icon baru bagi perpariwisataan Pulau Lombok. Bisa dikatakan demikian karena pembangunan di sekitar daerah Pantai Kuta mulai padat, sperti dibangunnya hotel-hotel berbintang dan juga Bandara Internasional Lombok (BIL).
4. Pantai Surga
"Surga Dunia" adalah kata yang menurut ane paling cocok untuk nih pantai. Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya Jerowaru, sekitar 50km dari kota Selong. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya. Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah.
5. Pantai Cemara
Pantai Cemara terletak di Lombok Timur, letaknya di antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Banyak dari orang-orang Lombok kebanyakan masih belum mengenal tempat ini, mungkin karena tempatnya yang cukup terpencil dan akses menuju tempat ini lumayan sulit menjadi alasan banyak orang-orang Lombok sendiri tidak mengetahuinya, apalagi dari luar Pulau Lombok. Pantai Cemara memiliki pasir putih, seperti tepung terigu yang terhampar luas. Jika agan-agan pingin ngeliat Samudra Hindia secara langsung, agan-agan bisa sewa boat dari pantai menyeberang kira-kira 10 menit ke pulau seberang pantai, dan disana ane yakin mata agan akan terbelanga melihat Samudra Hindia yang biru dengan karang-karang laut yang terukir indah.
Pulau Belitung
Pulau Belitung merupakan pulau yang dikenal setelah dijadikan latar tempat oleh salah satu film karya anak bangsa yaitu Laskar Pelangi. Pulau Belitung yang sebelumnya tidak diketahui oleh masyarakat luas kini dikenal dan dijadikan objek wisata paling digemari setelah Bali dan Lombok berkat film tersebut. Pantai di pulau ini hampir semuanya berpasir putih yang lembut. Apalagi dihiasi dengan batu-batu besar. Memberikan kesan pantai ini sangatlah unik. Adapun tempat wisata yang cukup popular di pulau belitung ini adalah
·Pantai tanjung pendam
·Pantai tanjung kelayang
·Pantai tanjung tinggi
·Pulau Burung
·Pulau Lengkuas
Di Pantai Lengkuas dan Pantai Burung memiliki pemandangan batu-batuan granit yang seakan-akan berserakan dilautan merupakan panorama yang mungkin tidak dapat ditemukan di pulau-pulau lainnya karena memang hanya di Pulau Belitung yang menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa indah dan memanjakan mata para wisatawan. Di Pantai Tanjung Tinggi yang berpasir putih dan mempunyai batu granit yang paling besar diantara pantai lainnya. Dari Pantai Tanjung Kelayang dapat melihat ratusan batuan granit yang tersebar di laut maupun di pantai, pantai ini diberi nama pantai tanjung kelayang, karena dapat melihat batu granit besar yang bentuknya seperti burung kelayang. Yang memang burung ini banyak dapat dijumpai di pantai ini. Pantai Burung Mandi. Merupakan sebuah pantai pasir putih di belitung, namun yang anehnya tidak ditemui satupun batu granit besar seperti di tanjung tinggi ataupun tanjung kelayang.
Pulau Bunaken
Pulau yang terletak di barat laut kota Manado ini, memiliki keaneka ragaman kehidupan yang sangat besar, karena pulau-pulau ini merupakan tempat dimana plankton-plankton yang merupakan makanan semua mahluk hidup biota laut naik ke permukaan. Karena banyaknya jumlah plankton yang naik ke atas permukaan laut, banyak biota laut yang memilih tempat ini sebagai rumahnya. Snorkler dan diver bisa melihat 70%-80% jenis biota laut yang ada di dunia, tujuh dari delapan spesies dari kerang raksasa dapat di ketemukan di Bunaken. DI Bunaken, banyak sekali yang dapat di lakukan untuk menikmati keindahan bawah lautnya, mulai dari melihat hanya dari glass bottom boat, snorkeling dan personal favorite, scuba diving. Tidak heran jika scuba diving merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi semua turis. disini para turis bisa menemui hampir 70-80% ikan dan terumbu karang yang ada di dunia. Keindahan terumbu karang di Pulau Bunaken juga masih sangat bagus. Mereka tidak mengalami proses pemutihan atau coral bleaching, efek dari badai el-nino sehingga warna dan keindahannya tetap terjaga. Selain faktor alam, kondisi karang Bunaken juga di jaga oleh warga-warga sekitar yang berpatroli tanpa kenal lelah untuk menjaga keutuhan taman laut ini. Mereka menyadari, tanpa karang laut yang sehat maka mereka akan kehilangan mata pencaharian yang baik. Kesuksesan taman laut Bunaken sekarang di ikuti oleh semua taman laut yang bermunculan di Indonesia.
Di Bunaken, para turis dapat menemui banyak sekali hal-hal yang jarang sekali dapat di lihat seperti:
Pygmy Seahorse: kuda laut adalah kuda laut yang sangat unik. Ukuran kuda laut ini hanya sebesar jari kuku, dan biasanya berwarna pink menyerupai rumahnya yang di gorgonian sea fan. Kuda laut ini akan selalu menyerupai warna dari rumah kuda laut tersebut untuk menghindari kejaran hewan pemangsa mereka seperti ikan kerapu.
Siput Laut atau yang biasa disebut Nudibranch: Siput laut sangat mudah di ketemukan di Bunaken. Tidak seperti saudaranya yang di darat, siput laut tidak mempunyain cangkang yang keras tapi sangat beragam warnanya dapat juga di ketemukan di Bunaken.
2.3     Faktor – Faktor Penghambat Kemajuan Pariwisata
Perkembangan pariwisata di Indonesia seharusnya dapat terjadi jika pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dioptimalkan dengan baik. Namun pada kenyataannya banyak tempat yang memiliki potensi untuk menjadi objek wisata tetapi tidak dioptimalkan bahkan sudah kearah yang terabaikan.
Faktor yang menjadi penghambat kemajuan pariwisata di Indonesia adalah :
1.      Promosi pariwisata yang kurang
Promosi adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan pariwisata Indonesia, karena dengan melakukan promosi orang-orang akan mengetahui objek wisata yang sedang dipromosikan sehingga akan menimbulkan rasa penasaran kepada siapa saja yang melihatnya akibatnya orang-orang pun berdatangan ke tempat wisata tersebut karena ingin menghilangkan rasa penasarannya.
2.      Kurangnya daya tarik objek wisata
Hal yang satu ini menjadi kendala dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia. Karena beberapa objek wisata ternyata tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat sehingga para wisatawan kurang tertarik dengan objek wisata tersebut. Dengan meningkatkan daya tarik para pengunjung, maka ketertarikan pengunjung akan bertambah hal ini mengakibatkan bertambahnya pula minat pengunjung untuk datang kembali dan memberikan informasi kepada orang lain mengenai tempat wisata tersebut sehingga secara tidak langsung para pengunjung melakukan promosi juga kepada orang-orang yang belum mengetahui tempat tersebut. Cara meningkatkan daya tarik pengunjung adalah dengan memberikan pelayanan yang baik, merawat kebersihan tempat wisata, dan selalu menjaga kenyamanan pengunjung.
3.      Fasilitas yang kurang memadai
Fasilitas merupakan hal yang paling dilihat oleh para pengunjung. Jika objek wisatanya sudah memadai namun fasilitas yang disediakan tidak memadai maka akan mengakibatkan ketidaktertarikan pengunjung terhadap objek wisata tersebut. Kelengkapan fasilitas juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung jika pengunjung sudah merasa nyaman maka akan berdampak positif pada tempat wisata tersebut.
4.      Lokasi tempat wisata
Kebanyakan lokasi tempat wisata di Indonesia berada di daerah yang agak sulit dijangkau. Seperti lokasi wisata pulau Raja Ampat yang mengharuskan pengunjung mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mencapai lokasi tersebut. Karena daerahnya yang sulit dijangkau itulah yang membuat para pengunjung berfikir ulang untuk mengunjungi objek wisata tersebut.
2.4     Upaya Untuk Meningkatkan Pariwisata di Indonesia
Untuk meningkatkan pariwisata, tidak hanya peran pemerintah yang dibutuhkan tetapi peran warga sekitar juga berperan penting, karena yang menjaga keadaan disekitar lingkungan objek wisata adalah warga sekitar yang bertempat tinggal disana. Dengan menjaga dan merawat biota yang ada akan membantu meningkatkan kenyamanan dan keasrian objek wisata tersebut. Namun para pengusaha juga ikut berperan penting dalam pengembangan pariwisata di Indonesia, karena mereka berinvestasi disana lalu mereka membuat promosi besar-besaran untuk menarik minat para pengunjung dengan fasilitas-fasilitas yang mereka tawarkan dengan begitu akan banyak wisatawan yang berkunjung. Memberikan fasilitas transportasi untuk menuju ke tempat tujuan dengan harga yang bersaing merupakan salah satu upaya untuk menarik para pengunjung. Pada intinya agar pariwisata di Indonesia meningkat, harus ada kerjasama antara pemerintah, warga sekitar dan para pengusaha untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang telah ada.



BAB III
KESIMPULAN
3.1     Kesimpulan
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil yang mempunyai keindahan yang luar biasa. Banyak pulau-pulau yang indah namun belum terjamah oleh masyarakat luas sehingga belum dapat dieksploitasi dengan maksimal keindahan pulau tersebut. Tidak hanya pulau namun daerah objek wisata alam juga sangat banyak yang memiliki keindahan yang memanjakan mata. Jadi peran pemerintah dengan elemen lain sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan potensi pariwisata di Indonesia agar lebih dikenal lagi dimata dunia internasional.









Sumber :
www.katabagus.com/5
www.id.wikipedia.org
www.discoverindo.com

1 komentar: