.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Senin, 07 Januari 2013

Perkembangan Musik di Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Musik adalah bahasa universal bagi manusia. Darimana dan dengan latar belakang seperti apapun musik disukai oleh siapa saja. Musik sudah ada pada zaman dahulu tetapi kini musik sangat berkembang pesat. Jika pada zaman dahulu musik hanya sebagai suatu alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan tetapi lain halnya dengan saat ini. Pada era globalisasi seperti saat ini, musik telah menjadi suatu karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman dan karya tersebut mempunyai nilai tinggi serta telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Musik saat ini telah menjadi bagian dari cerita kehidupan manusia karena melalui musik orang-orang yang ada di dunia ini dapat mencurahkan segala perasaan yang ada baik itu senang maupun sedih. Seperti halnya kehidupan yang telah melewati berbagai macam kejadian dari zaman ke zaman dan telah mengalami perubahan, musik pun mengalami hal yang sama yaitu telah melewati banyak perubahan. Perkembangan musik di Indonesia sangat pesat dan juga beragam, dari mulai musik dangdut, rock, pop, jazz, keroncong, melayu hingga ke musik indie. Keanekaragaman musik Indonesia telah membawa masyarakat memiliki sebuah panutan tersendiri atau bahkan menjadi suatu kaum yang memiliki sisi fanatisme terhadap suatu group band, penyanyi solo maupun group musik dengan genre tertentu. Perkembangan musik di Indonesia memiliki perbedaan dalam perkembangannya. Pada tahun 70an, perkembangan musik di Indonesia di dominasi oleh musik-musik perjuangan seperti garuda pancasila, tanah airku, halo-halo bandung dan masih banyak lainnya yang selanjutnya disusul dengan didominasinya musik dari group band koesplus. Kemudian pada tahun 90an musik Indonesia beralih ke musik dangdut dan berkembang menjadi pop dangdut. Musik Indonesia mulai bergejolak saat tahun 2000an yang semakin banyak kaula muda yang mempunyai kepercayaan diri lebih untuk mengeksplore karya mereka melalui kompetisi musik indie dan semenjak saat itu mulai banyak bermunculan band tanah air yang meramaikan musik di Indonesia. Hingga saat ini, musik di Indonesia telah banyak dipengaruhi gaya bermusik dari negeri gingseng yaitu Korea yang sebelumnya musik dari Meksiko yang menjadi sountrack sebuah telenovela serta musik dari India yang telah lebih dulu banyak diminati masyarakat Indonesia akan tetapi saat ini musik dari Korea yang lebih diminati masyarakat Indonesia. Musik Indonesia kini sebagian besar berkiblat ke musik korea yang sedang digemari banyak masyarakat yang ada di Indonesia maupun di dunia, seperti yang terjadi saat ini banyak boyband dan girlband yang bermunculan di industri musik Indonesia yang menjadikan korea sebagai inspirasi mereka dalam berkarya. Dalam penulisan ini akan membahas bagaimana perkembangan musik di Indonesia hingga sampai saat ini musik Indonesia mengalami banyak perubahan dari mulai genre musik hingga target pasar untuk menarik penikmat musik Indonesia serta akibat dan manfaat dari perkembangan musik yang terjadi di Indonesia saat ini.

1.2  Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang yang telah dijelaskan, dapat ditemukan beberapa permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini, yaitu :
1.      Bagaimana awal dari perkembangan musik di Indonesia?
2.      Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan musik Indonesia?
3.      Apa saja dampak yang dialami oleh musisi Indonesia dan pelaku industri musik lainnya dari perkembangan musik Indonesia yang hingga saat ini?
4.      Siapa saja musisi yang pernah menguasai musik Indonesia?
5.      Upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh musisi Indonesia agar karyanya dapat bersaing dengan musisi dari luar negara Indonesia?

1.3  Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui awal mula perkembangan musik di Indonesia, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan musik Indonesia, dan mengetahui akibat serta manfaat yang didapat dari perkembangan musik saat ini.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Awal Mula Perkembangan Musik di Indonesia
Musik saat ini telah berkembang dengan sangat pesat, tidak hanya di Eropa maupun Amerika tetapi musik di Indonesia pun berkembang dengan sangat pesat bahkan diseluruh dunia musik telah berubah wajah menjadi lebih baru dan fresh untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat  dibelahan dunia. Perkembangan musik di Indonesia sangat pesat dan juga beragam, dari mulai musik dangdut, rock, pop, jazz, keroncong, melayu hingga ke musik indie.
Keanekaragaman musik Indonesia telah membawa masyarakat memiliki sebuah panutan tersendiri atau bahkan menjadi suatu kaum yang memiliki sisi fanatisme terhadap suatu group band, penyanyi solo maupun group musik dengan genre tertentu. Perkembangan musik di Indonesia memiliki perbedaan dalam perkembangannya.
Pada tahun 70an, perkembangan musik di Indonesia di dominasi oleh musik-musik perjuangan seperti garuda pancasila, tanah airku, halo-halo bandung dan masih banyak lainnya yang selanjutnya disusul dengan didominasinya musik dari group band koesplus. Kemudian pada tahun 90an musik Indonesia beralih ke musik dangdut, bahkan yang dahulunya seorang penyanyi pop beralih menjadi penyanyi dangdut sehingga muncul dan berkembang menjadi pop dangdut. Musik Indonesia mulai bergejolak saat tahun 2000an yang semakin banyak kaula muda yang mempunyai kepercayaan diri lebih untuk mengeksplore karya mereka melalui kompetisi musik indie dan semenjak saat itu mulai banyak bermunculan band tanah air yang meramaikan musik di Indonesia.
Hingga saat ini, musik di Indonesia telah banyak dipengaruhi dari negara lain seperti, musik bergaya Barat (Amerika Latin, Inggris), Asia (Korea, Jepang, Cina, India, Melayu). Awalnya Indonesia terpengaruh oleh musik bergaya barat yang mempunyai penyanyi terkenal seperti celine dion, beyonce, britney spears, the beatles, gun n roses, micahel jackson bahkan beberapa boyband yang pada saat itu telah membius masyarakat Indonesia dengan musiknya yang menarik dengan formasi yang berbeda dengan penyanyi lain seperti, backstreet boys, westlife telah menggeser posisi yang lainnya. Namun pada saat Amerika Latin muncul dengan serial televisinya yang disebut telenovela maka musiknya pun ikut mencuri perhatian masyarakat Indonesia, dari sinilah pengaruh musik Amerika Latin dapat dirasakan. Tetapi tidak lama setelah itu, muncullah film yang berasal dari India. Pada saat itu film India sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi di dalam film India terdapat unsur musik dan tarian yang semakin menambah ketertarikan terhadap film tersebut. Dari film inilah musik India menginspirasi para musisi Indonesia dalam menciptakan lagu yang dibuat lebih ke genre musik dangdut.
Tetapi semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula musik di dunia serta mempengaruhi juga gaya bermusik Indonesia. Setelah era musik India mulai meredup, musik bergaya barat mulai bergairah kembali. Dengan aliran musik yang upbeat, musik barat kembali menguasai pasar dunia. Hal ini mempengaruhi perkembangan musik Indonesia yang kembali terinsirasi oleh musik bergaya barat bahkan tidak sedikit penyanyi yang terinspirasi oleh musik bergaya barat seperti Agnes Monica.
Namun hal ini perlahan-lahan tergantikan posisinya dengan pengaruh dari negara Asia bagian Timur yaitu Taiwan, Jepang dan Korea. Pada awalnya Taiwan yang lebih dulu masuk ke industri musik Indonesia, dengan boyband yang bernama f4 musik taiwan menembus pasar Asia Timur hingga Asia Tenggara bahkan hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Kemudian dari Jepang terdapat band yang menembus permusikkan Indonesia yaitu Laruku dan AKB48, yang menginspirasi kembali para musisi seperti j-rock dan JKT48 yang merupakan masih bagian dari AKB48 dari Jepang. Kemudian muncullah musik korea yang disebut K-pop. Awalnya korea muncul dengan dramanya yang disebut drama korea. Dari drama korea yang berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia bahkan hampir seluruh masyarakat dunia yang menyukai drama korea seperti full house, endless love, princess hours, stairway to heaven, winter sonata dan masih banyak yang lain, dari sinilah musik K-pop mulai menjamur keseluruh negara di dunia. Perlahan tapi pasti itulah yang dilakukan korea untuk menguasai industri musik dunia termasuk Indonesia. Dapat dilihat dari semakin banyaknya girlband dan boyband di Indonesia yang berkiblat ke musik K-pop. Bahkan baru-baru ini korea memunculkan fenomenal yang membuat musik korea semakin dikenal di dunia Internasional yaitu music video yang berjudul gangnam style telah dilihat oleh pengunjung situs tersebut sebanyak lebih dari 160juta pengunjung. Hal ini membuktikan musik korea telah berpengaruh terhadap industri musik yang ada di dunia terlebih di Indonesia. Di Indonesia sendiri selain pengaruh musik K-pop, musik melayu, dangdut dan lainnya masih mewarnai perindustrian musik Indonesia.
Dilihat dari awal berkembangnya musik di Indonesia hingga saat ini, musik Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Tetapi dalam perkembangannya, musik Indonesia semakin jarang diminati oleh masyarakat di Indonesia karena masyarakat Indonesia lebih memilih K-pop yang saat ini sedang banyak diminati serta musik barat yang gaya bermusiknya lebih beragam.

2.2  Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Musik di Indonesia
Perkembangan musik di Indonesia tidak dapat dipungkiri lagi semakin berjalannya waktu kemudian akan terjadi peningkatan zaman maka semakin maju pula aspek kehidupan manusia termasuk industri musik. Banyak hal yang mempengaruhi perkembangan musik di dunia terutama di Indonesia.
Menurut penulis, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan musik di Indonesia, yaitu:
a.         Perkembangan dan kemajuan teknologi
Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, maka akan mempengaruhi kinerja dibidang yang lain termasuk dalam bidang musik. Jika pada zaman dahulu musik hanya untuk keperluan upacara adat saja tetapi tidak untuk saat ini, musik saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi manusia, karena manusia membutuhkan hiburan untuk melepaskan kepenatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apa alasannya? Hal ini mudah untuk dijelaskan, karena pada zaman dahulu belum ada teknologi yang dapat mengembangkan kreatifitas bermusik seseorang bahkan alat musik pun belum ada pada saat itu sehingga musik pada saat itu masih sangat sederhana dan digunakan untuk keperluan tertentu. Namun lain halnya dengan saat ini, karena alat musik telah ditemukan dari zaman ke zaman dan telah berkembang serta membuat musik terbagi atas beberapa jenis, ada musik berjenis klasik, jazz, pop, rock dan lain sebagainya. Selain kemajuan pesat dalam bidang alat musik, kemajuan dalam bidang teknologi juga ikut berperan dalam kemajuan industri musik terutama di Indonesia, karena kemajuan teknologi inilah musik dapat dipadupadankan dengan jenis musik yang ada sehingga dapat menarik lebih banyak pendengar musik karena variasi yang disajikan dalam musik sangat beragam dengan perpaduan teknologi yang ada.
b.         Kemajuan teknologi media informasi
Media informasi menjadi aspek penting dalam perkembangan seluruh industrial yang ada termasuk juga industri musik. Dengan adanya media informasi, musik dapat menyebar keseluruh penjuru dunia tanpa batas. Kemajuan media informasi ini sudah dapat dirasakan oleh seluruh penduduk yang ada di dunia. Jika dahulu media informasi hanya berupa radio, namun tidak untuk sekarang, saat ini media informasi sangat berkembang dengan pesat seiring dengan kemajuan teknologi maka dalam hal media informasi juga terkena dampaknya yaitu semakin maju pula teknologi media informasinya. Dapat dilihat saat ini, media informasi berupa jaringan internet merupakan salah satu bukti bahwa media informasi telah berkembang dengan pesat, dengan internet semua orang yang ada di dunia dapat mengakses musik dimana saja dan kapan saja. Melalui media informasi musik dapat menyebar dan akhirnya berkembang secara pesat sehingga musik dikatakan sebagai bahasa universal, karena darimana pun musik itu berasal namun jikalau musik itu mempunyai nilai seni yang tinggi maka musik tersebut akan digemari oleh seluruh masyarakat yang ada dibelahan dunia ini, seperti halnya musik yang berasal dari korea yaitu gangnam style yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang bahkan hampir semua orang ada di dunia ini menyaksikan video musik tersebut disalah satu situs yang ada, walaupun berbeda bahasa, budaya serta lokasi tempat namun berkat media informasi gangnam style telah dikenal di hampir seluruh dunia ini.
c.         Meningkatnya tingkat kebutuhan konsumsi musik
Meningkatnnya kebutuhan konsumsi dalam bidang musik terjadi karena semakin meningkatnya kebutuhan hidup sehingga mengharuskan seseorang bekerja lebih keras lagi untuk mencapai kehidupan yang sejahtera, hal ini berdampak pada rasa jenuh dan penat yang dialami seseorang dalam menjalani rutinitasnya dalam bekerja sehingga mereka memerlukan sesuatu yang dapat melepaskan kepenatan dan kejenuhan tersebut, disinilah musik berperan penting dalam kehidupan mereka yang sedang mengalami itu semua. Musik saat ini sudah menjadi media hiburan untuk seseorang yang mengalami kepenatan dalam hidup, musik dapat menghilangkan rasa penat tersebut bahkan menurut survey yang telah dilakukan disalah satu lembaga yang ada, musik dapat membantu untuk meningkatkan ingatan seseorang, dalam hal ini musik dipakai oleh beberapa tempat bimbingan belajar yang dipakai sebagai sarana belajar dengan memainkan musik klasik dengan volume suara yang lembut sehingga tidak menghilangkan konsentrasi dalam belajar. Dalam meningkatnya tingkat kebutuhan konsumsi musik, maka banyak pelaku di bidang industri musik baik itu musisi maupun pihak lainnya seperti produser musik yang bersaing untuk menghasilkan karya yang bagus untuk dinikmati para penikmat musik Indonesia. Inilah yang menjadikan musik Indonesia semakin berkembang karena desakan akan kebutuhan pasar musik di tanah air ini.

2.3  Dampak dari Perkembangan Musik yang Terjadi di Indonesia
Dari waktu ke waktu musik telah memiliki banyak wajah yang diramaikan dari banyak negara. Namun didalam perkembangannya terdapat dampak-dampak yang dirasakan oleh para pelaku industri musik seperti musisi, produser musik dan yang lainnya. Dampak-dampak tersebut ada yang menguntungkan bagi para pelaku industri musik dan ada yang merugikan mereka.
Dampak yang dirasakan oleh para pelaku industri musik di Indonesia karena perkembangan musik saat ini adalah :
a.       Semakin banyak bakat bermusik yang muncul
Perkembangan musik saat ini tidak dapat menghentikan kemunculan orang-orang yang memiliki bakat bermusik dengan berkreatifitas. Hal ini terjadi karena permintaan pasar dalam industri musik yang menginginkan terus adanya perubahan dalam bermusik. Karena hal inilah menjadikan banyak masyarakat secara bersama-sama bersaing dalam industri musik agar karya mereka yang telah dibuat dapat dinikmati para pecinta musik.
b.      Kecintaan masyarakat terhadap musik semakin tinggi
Berkat banyaknya variasi dalam bermusik, maka sudah jelas masyarakat terutama masyarakat Indonesia akan semakin menyukai musik. Saat ini semakin banyak genre musik yang masuk ke Indonesia salah satunya adalah musik K-pop yang sangat memanjakan penikmat musik tanah air dengan menyajikan musik dalam kemasan yang berbeda yaitu dengan menyajikan genre musik yang berbeda dari musik yang sudah ada selama ini ditambah lagi dengan menampilkannya bersama tarian modern atau dance yang semakin menambah kualitas musiknya kemudian nilai lebihnya adalah yang membawakan lagu tersebut memiliki tampilan fisik yang menarik dengan wajah yang cantik dan tampan sehingga semakin enak untuk dilihat. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menyukai K-pop dan ini membuktikan masyarakat semakin mencintai musik namun hal ini membuat musik Indonesia posisinya tergeser dengan musik dari negeri gingseng tersebut.
c.       Semakin banyak persaingan antar produser musik
Hal ini sudah jelas adanya, karena para produser saling berlomba-lomba untuk memproduserkan seorang penyanyi ataupun band yang mempunyai bakat bermusik kemudian menghasilkan keuntungan yang besar bagi sang produser dan juga sang penyanyi. Tetapi hal ini menimbulkan efek yang kurang baik, karena semakin banyak penyanyi yang debut dalam industri musik maka akan banyak pula persaingan diantara penyanyi kemudian akan mengakibatkan tergesernya banyak penyanyi dari industri musik karena banyaknya penyanyi yang bermunculan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi apabila penyanyi atau band tersebut memiliki kreatifitas yang tinggi sehinggga dapat menghasilkan karya yang inovatif dan bernilai seni tinggi sehingga mereka dapat bertahan di industri musik.
d.      Mengurangi rasa kecintaan terhadap karya anak bangsa
Mengapa hal ini dapat terjadi? Jawabannya sangat sederhana, karena saat ini musik yang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah musik yang berasal dari luar negara Indonesia. Bahkan para promotor musik berlomba-lomba untuk mendatangkan para musisi luar negeri untuk mengadakan konser di Indonesia. Hal ini bagus untuk Indonesia namun ada sisi kurang baik untuk para musisi Indonesia, karena dapat dilihat dalam konser-konser musisi luar negeri yang diadakan di Indonesia dipadati penonton dan antusias mereka dalam menonton konser tersebut sangatlah besar, salah satu konser musisi luar negeri yang berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia adalah konser boyband asal korea yaitu Super Junior, Bigbang, SMTown, kemudian konser musisi bintang hollywood yaitu Jennifer Lopez, Katy Perry, Justin Bieber, dan masih banyak lagi musisi luar negeri yang mengadakan konser di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini perkembangan musik di Indonesia banyak diramaikan oleh musisi luar negeri terutama musisi yang berasal dari Korea, karena saat ini musik Korea sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dari sebelumnya. Tetapi terlepas dari hal tersebut, masih banyak musisi Indonesia yang memiliki karya yang tidak kalah dengan musisi luar negeri seperti halnya dengan grup band NOAH yang saat ini baru memulai debutnya di industri musik Indonesia yang sebelumnya mereka sudah debut di industri ini tetapi saat ini mereka merubah formasi dari bandnya tersebut. Selain NOAH ada pula penyanyi Agnes Monica yang tetap konsisten untuk menghasilkan karya terbaiknya untuk bersaing di industri musik dengan para musisi yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dan masih banyak musisi Indonesia yang tetap konsisten dengan menghasilkan karya-karya terbaik mereka seperti, Rossa, Melly Goeslaw, Geisha, Vierra, Tangga, dan masih banyak lagi yang lainnya.
e.       Menimbulkan semangat dalam bersaing untuk membuat karya yang lebih baik
Hal tersebut sangatlah mungkin terjadi bahkan memang harus terjadi, karena semakin musik berkembang maka semakin banyak dan bertambah persaingan dalam bermusik terutama dalam membuat karya yang baik dan memiliki kualitas sehingga dapat disukai oleh para pecinta musik. Kondisi seperti ini sangat bagus untuk para musisi ataupun pelaku industri musik lainnya karena semakin menambah daya kreatifitas mereka dalam bermusik sehingga terus terpacu untuk membuat karya yang lebih baik dan dapat menembus pasar internasional. Namun terdapat juga hal negatif yang dapat ditimbulkan jika persaingan dalam industri musik semakin ketat, mereka para pelaku industri musik dapat melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh mereka seperti, plagiat lagu. Hal ini sepertinya sering terjadi di industri musik Indonesia, mereka yang ingin dikenal oleh masyarakat dan ingin meraih kesuksesan dengan cara yang instan melakukan segala cara untuk mendapatkannya salah satunya dengan plagiat lagu, konsep, ataupun musik video. Namun masyarakat berharap agar musisi dalam maupun luar negeri dapat saling menghormati karya yang telah dibuat dengan cara tidak menjiplak atau plagiat karya orang lain.
f.       Memperbanyak variasi musik Indonesia
Dengan banyaknya variasi musik yang disuguhkan maka memberi inspirasi kepada musisi lain untuk membuat karya yang lebih fresh dan modern yang lebih disukai oleh masyarakat luas.

2.4  Musisi yang Pernah Menguasai Industri Musik Indonesia
Para musisi tentunya ada masa kejayaan dalam industri musik, begitu pula musisi Indonesia sudah pasti ada masanya mereka naik dan turun. Berikut ini beberapa musisi Indonesia yang pernah menguasai industri musik Indonesia :
1.     Slank
Slank adalah sebuah grup musik di Indonesia. Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Dan berhasil menjadi salah satu musisi bersejarah dan dikenang serta berpengaruh sepanjang masa di Indonesia. Selain itu Slank juga menyandang predikat Indonesia’s Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada tahun 2008 dan 2009 dengan honor Rp 500 Juta per show. Debut grup band yang satu ini merambah hingga ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Korea dan negara lainnya.
2.  Rossa yang memiliki nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani merupakan penyanyi Indonesia yang melejit lewat tembang-tembang sendunya seperti Nada-Nada Cinta, Tegar, Hati Yang Terpilih, Atas Nama Cinta, Kini, Ayat-Ayat Cinta, Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, Tega, Cerita Cinta, Pudar, Ayar Ayat Cinta,Tega, Memeluk Bulan,dan Ku Menunggu. Nama Rossa mulai dikenal setelah merilis album pertama bertajuk Nada Nada Cinta (1995) tepatnya dirilis pada tanggal 27 Januari 1995 dengan lagu andalannya Nada Nada Cinta dan Meskipun Cinta. Keberhasilan "Nada Nada Cinta" diikuti album kedua yang berjudul Tegar (beredar awal tahun 2000) yang semakin melambungkan nama Rossa. Rossa juga tampil sebagai wakil Indonesia di festival musik Vietnam My Love, 26-29 Oktober 2000 di Hanoi.
3.      Noah (sebelumnya bernama Peterpan) adalah sebuah band dari Bandung, Indonesia. Band ini dibentuk pada tahun 2000 dan terkenal berkat lagu-lagunya "Ada Apa Denganmu", "Topeng", dan "Kukatakan Dengan Indah". Pada awalnya kelompok Noah terdiri dari Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika, dan Indra. Namun di bulan November 2006, dua anggotanya, Andika dan Indra dipecat dari grup musik tersebut. Perpecahan ini dipicu adanya perbedaan prinsip kreativitas.
4.  Agnes Monica Muljoto adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaan Indonesia. Ia memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik. Agnes telah merilis tiga album anak-anak yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer di era 1990-an. Selain bernyanyi, ia juga menjadi presenter di beberapa acara televisi anak-anak. Saat menginjak usia remaja, Agnes mulai terjun ke dunia seni peran. Penampilannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil melambungkan namanya. Agnes kemudian membintangi sederet sinetron yang menjadikannya artis remaja dengan bayaran termahal saat itu. Pada tahun 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes, yang kembali melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Kesuksesannya di tanah air mendorong Agnes memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional. Pada album keduanya yang dirilis pada tahun 2005, Whaddup A'..?!, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi. Agnes juga terlibat dalam syuting dua serial drama Asia, The Hospital dan Romance In the White House di Taiwan. Agnes berhasil meraih penghargaan dua tahun berturut-turut atas penampilannya di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2008 dan 2009. Pada album ketiganya, Sacredly Agnezious (2009), Agnes mulai terlibat sebagai produser dan penulis lagu. Agnes juga menjadi salah satu pemandu acara pada karpet merah pegelaran American Music Awards 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat. Seiring dengan melesatnya Agnes ke puncak popularitas, penampilan dan gaya berbusananya menjadi tren di kalangan anak muda. Selain sukses secara komersial, Agnes merupakan penyanyi dengan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Ia telah memenangkan puluhan trofi, termasuk di antaranya sepuluh Anugerah Musik Indonesia, tujuh Panasonic Awards, dan empat MTV Indonesia Awards.
5.     Sheila On 7 adalah salah satu grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996 ini pada awalnya adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta. Di awal berdirinya bersatulah lima anak muda, Duta (vokal), Adam (bass) dari, Eross (gitar), Sakti (gitar), dan Anton (drum). Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N' Roses, dll. Pada waktu itu juga, mereka telah memiliki beberapa lagu-lagu orisinal karya mereka sendiri dan mereka mencoba untuk memperkenalkan dan membawakan lagu-lagu tersebut dengan penuh rasa percaya diri di berbagai pentas. Sheila On 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy, tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.
6.  Chrismansyah Rahadi (lahir dengan nama Christian Rahadi di Jakarta, Indonesia, 16 September 1949 – meninggal di Jakarta, Indonesia, 30 Maret 2007 pada umur 57 tahun) yang lebih dikenal dengan nama panggung Chrisye, merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dilahirkan di Jakarta dari keluarga Tionghoa-Indonesia, Chrisye menjadi tertarik dengan musik saat masih muda. Waktu masih belajar di SMA, Chrisye main gitar bas dalam sebuah band yang ia bentuk bersama kakaknya, Joris. Pada akhir dasawarsa 1960-an dia menjadi anggota band Sabda Nada (yang kemudian hari berganti nama menjadi Gipsy). Pada tahun 1973, setelah mengambil cuti beberapa lama, dia mengikuti band tersebut ke New York untuk main musik. Setelah kembali ke Indonesia untuk waktu singkat, dia kembali ke New York dengan band lain, yaitu The Pro's. Sekembali ke Indonesia, pada tahun 1976 dia bekerja sama dengan Gipsy dan Guruh Soekarnoputra untuk merekam album indie Guruh Gipsy. Setelah keberhasilan Guruh Gipsy, pada tahun 1977 Chrisye menghasilkan dua karya terbaiknya, yaitu "Lilin-Lilin Kecil" tulisan James F. Sundah serta album jalur suara Badai Pasti Berlalu. Sukses kedua karya ini membuat Chrisye direkrut oleh Musica Studios, yang dengan perusahaan rekaman itu dia merilis album solo perdananya, Sabda Alam, pada tahun 1978. Selama kariernya yang lebih dari 25 tahun dia menghasilkan 18 album solo lain, serta main dalam satu film: Seindah Rembulan (1981). Chrisye meninggal di rumahnya di Jakarta pada tanggal 30 Maret 2007 setelah bertahun-tahun mengidap kanker paru-paru. Dia meninggalkan seorang istri, Gusti Firoza Damayanti Noor, dan empat anak. Dikenal untuk vokalnya yang halus dan gaya panggung yang kaku, Chrisye dianggap salah satu penyanyi Indonesia legendaris. Lima album yang termasuk karyanya dimuat dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik oleh majalah musik Rolling Stone Indonesia. Lima lagunya (dan satu lagi yang dia mendukung) dimuat dalam daftar lagu terbaik oleh majalah yang sama pada tahun 2009. Beberapa albumnya disertifikasi perak atau lebih tinggi. Dia menerima dua lifetime achievement award, satu pada tahun 1993 dari BASF Awards dan satu lagi pada tahun 2007 dari salah satu stasiun televisi swasta. Pada tahun 2011, Rolling Stone Indonesia mencatat Chrisye sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa.
7.  Nike Ardilla adalah gadis kelahiran Bandung tanggal 27 Desember 1975 dari pasangan R. Eddy Kusnadi dan Nining Ningsihrat. Sejak kecil sudah mengawali karier dengan mengikuti berbagai festival menyanyi di Bandung, sampai kemudian bakatnya ditemukan oleh produser musik Deddy Dores. Karier musiknya di dunia hiburan pun dimulai. Tahun 1987, Ibunya memboyong Nike Ardilla ke Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) asuhan Djadjat Paramor. Di sana ia bertemu dengan Deni Kantong, guru menyanyinya, dan Deni Sabrie yang kemudian menjadi manajernya. Deni Kantong dan Sabrie memperkenalkannya pada Deddy Dores. Deddy membuatkan beberapa lagu untuk album pertama Nike yang bertajuk Seberkas Sinar yang terjual lebih dari 500.000 ribu kopi. Sebelumnya Deddy Dores juga sempat menyatukan Nike dengan dua anak didik Deddy dan Deni bernama Deni Angels bersama Cut Irna dan Lady Avisha. Tahun berikutnya Nike merilis album keduanya yang bertajuk Bintang Kehidupan yang mendapatkan sambutan luar biasa, dan terjual dengan angka yang fantastis, yaitu 2 juta unit Selanjutnya Nike merilis album-album yang menjadi best seller. Karier Nike Ardilla dalam dunia seni peran juga berjalan mulus. Nike bermain film Kasmaran yang dibintangi juga oleh Ida Iasya dan Slamet Rahardjo, 1987. Dan juga menjadi pemeran utama di Film Ricky Nakalnya Anak Muda bersama almarhum Ryan Hidayat pada tahun 1990 dan terus melahirkan film-film box office sepanjang periode akhir 80-an dan awal 90-an. Nike Ardilla juga sukses dalam beberapa sinetron. Selain sebagai penyanyi dan bintang film, Nike Ardilla juga mengawali kariernya sebagai seorang model. Terbukti dengan menjadi pemenang Favorit pada ajang GADIS SAMPUL 1990.
8.    Iwan Fals yang bernama lengkap Virgiawan Listanto adalah seorang Penyanyi beraliran balada dan Country yang menjadi salah satu legenda hidup di Indonesia. Lewat lagu-lagunya, ia 'memotret' suasana sosial kehidupan Indonesia pada akhir tahun 1970-an hingga sekarang, kehidupan dunia pada umumnya, dan kehidupan itu sendiri. Kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), empati bagi kelompok marginal (misalnya Siang Seberang Istana, Lonteku), atau bencana besar yang melanda Indonesia (atau kadang-kadang di luar Indonesia, seperti Ethiopia) mendominasi tema lagu-lagu yang dibawakannya. Namun demikian, Iwan Fals tidak hanya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tetapi juga sejumlah pencipta lain. Iwan yang juga sempat aktif di kegiatan olahraga, pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional dan Juara IV Karate Tingkat Nasional 1989, sempat masuk pelatnas dan melatih karate di kampusnya, STP (Sekolah Tinggi Publisistik). Iwan juga sempat menjadi kolumnis di beberapa tabloid olah raga. Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar. Dia sangat dipuja oleh kaum 'akar rumput'. Kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh nusantara. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan OI. Yayasan ini mewadahi aktivitas para penggemar Iwan Fals. Hingga sekarang kantor cabang OI dapat ditemui di setiap penjuru nusantara dan beberapa bahkan sampai ke mancanegara.
9.    GIGI, dengan modal keinginan yang sama khususnya di bidang musik, Aria Baron, Thomas Ramdhan, Ronald Fristianto, Dewa Budjana dan Armand Maulana mendirikan kelompok musik yang diberi nama GIGI pada tanggal 22 Maret 1994. Kehadiran mereka di blantika musik Indonesia awalnya tidak langsung bersinar begitu saja, padahal kalau dilihat dari penampilan , kemampuan dan pengalaman-nya, mereka dapat dikategorikan sarat sebuah group musik yang harus diperhitungkan kehadirannya. Album perdana “ ANGAN “ terjual 100.000 copy, sebuah angka penjualan yang sebenarnya cukup lumayan untuk sebuah group baru pada masa itu. ahun 1998, adalah tahun pembuktian bagi GIGI. Konsep musik yang sempat sedikit berubah akibat penyesuaian dengan personel yang baru, sekarang kembali seperti cirinya sediakala. Pindah perusahaan rekaman ke Sony Music Indonesia adalah pilihan yang tepat. 19 Juni 1998, sepulangnya GIGI show di Malaysia , album “ KILAS BALIK “ di lempar kepasar. Tidak diduga hasilnya, dengan kerjasama yang baik antara Management GIGI dan Sony Music Indonesia mengemas promosi album, tingkat penjualan kasetnya terhitung laku keras. Tidak saja di Jakarta atau di Pulau Jawa, dipulau lainnya pun penjualan kaset GIGI menjadi best seller untuk beberapa periode mingguan. Sedangkan hits lagu “ Terbang “ duduk ditangga lagu terbaik radio di Indonesia tidak kurang dari 9 minggu, belum lagi lagu lainnya seperti “ Dimanakah kau berada “ dan “ Rindukan Damai “. Penjualan kaset dan CDnya mencapai angka 300.000. Prestasi lain yang diperoleh ditahun 1998 pun sangat menggembirakan seperti di Anugerah Musik Indonesia, GIGI menggondol beberapa katagori seperti Group Terbaik, Penyanyi Terbaik, Lagu Terbaik dan Nominasi Cover Kaset Terbaik. Sedangkan dari media cetak GIGI dinobatkan sebagai group pop rock terbaik 1998 dan group paling bersinar 1998. Yang paling menggembirakan bagi GIGI di kondisi ekonomi Indonesia yang sedang parah begini target management untuk mencapai 48 kegiatan/show dalam satu tahun ( terhitung Juni 1998 ) sudah terlampaui di akhir tahun 1998 dengan 68 kegiatan/show.
10.  Krisdayanti adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaan Indonesia. Anak kedua dari pasangan Trenggono dan Rachma Widadiningsih, ia dibesarkan di kota kelahirannya sebelum dibawa hijrah oleh ibunya ke Jakarta pada tahun 1984. Ia mengisi suara di film anak-anak Megaloman saat masih berusia sembilan tahun. Saat menginjak usia 12 tahun, Krisdayanti merilis album pertamanya, Burung-Burung Malam, yang tidak berhasil di pasaran. Ia kemudian merintis kariernya dengan mengikuti berbagai festival atau kompetisi bernyanyi. Berawal dari kemenangannya pada festival Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992, nama Krisdayanti melambung di industri musik. Ia kemudian bergabung dengan Warner Music Indonesia dan merilis debut profesionalnya bertajuk Terserah (1995). Krisdayanti terus meretas sukses kritikal dan komersial di Indonesia melalui serangkaian album yang rilis mulai dari pertengahan era 1990-an. Sejak sukses singel hit "Menghitung Hari" di Malaysia pada tahun 1998, nama Krisdayanti turut melejit di Asia Tenggara. Puncak kariernya ditandai dengan keberhasilan konser tunggal perdananya bertajuk Konser KD pada tahun 2001 yang mengantarkannya pada gelar Diva Pop Indonesia. Lagu-lagunya yang banyak menjadi hit dan seringnya mengadakan konser menjadikannya penyanyi termahal selama dasawarsa 2000-an, bahkan, majalah bisnis Swa menulis penghasilan Krisdayanti dalam setahun lebih besar dari Presiden Indonesia. Sebagai salah satu ikon penyanyi wanita paling berhasil dalam sejarah musik Indonesia, Krisdayanti telah dianugerahi berbagai penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Krisdayanti dinobatkan sebagai salah satu dari "10 Biggest Asian Artists" oleh Channel V International pada tahun 2005. Pada pergelaran Anugerah Planet Muzik 2007 di Singapura, ia menerima "Anugerah Khas" atas pencapaiaan dan dedikasinya dalam industri musik. Krisdayanti juga merupakan salah satu dari "99 Most Powerful Women in Indonesia" versi majalah Globe Asia edisi Oktober 2007 dan "50 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stone edisi Desember 2010.
Sebenarnya masih banyak lagi musisi Indonesia yang pernah menguasai industri musik Indonesia dengan segudang prestasi mereka yang telah dicapai. Bahkan mereka masih tetap konsisten untuk berkarya sampai saat ini.

2.5  Upaya untuk Bersaing dengan Musisi Luar Negeri
Ada beberapa hal yang harus dilakukan musisi dan para pelaku industri musik Indonesia agar dapat bersaing dengan musisi luar negeri dengan tujuan untuk mempertahankan konsistensi musik Indonesia didalam maupun luar negeri serta dapat memperkenalkan musik Indonesia ke luar negara Indonesia dengan jangkauan yang lebih luas lagi.
a.       Berusaha menciptakan jenis musik yang berbeda dan fresh untuk dinikmati oleh pecinta musik sehingga dapat menjadikan jenis musik tersebut sebagai identitas musik Indonesia.
b.      Tidak hanya pada jenis musik tetapi penampilan keseluruhan pada musik juga harus ada sesuatu yang berbeda dengan tampilan yang menarik. Dalam hal ini yang dilihat adalah cara penyajian musik itu sendiri apakah menarik atau tidak untuk dinikmati. Mencari sesuatu yang baru dan inovatif itulah yang dibutuhkan.
c.       Dukungan pemerintah sangat diperlukan untuk menunjang kemajuan musik Indonesia, karena hal ini berimbas pada musisi Indonesia jika pemerintah lebih memberikan ruang lebih untuk berkarya dengan cara mengutamakan eksistensi musisi Indonesia daripada musisi luar negara.
d.      Memberanikan diri untuk bersaing dengan musisi luar dengan cara mencoba go internasional dan membuat album di luar negara Indonesia.
e.       Jangan terpengaruh terhadap musik yang masuk ke Indonesia, jadikanlah itu hanya sebagai inspirasi dan ciptakan sesuatu yang baru dan lebih original dengan memasukkan unsur budaya Indonesia kedalam musik Indonesia agar menjadi daya tarik tersendiri untuk musik Indonesia.
f.       Tetap konsisten dalam membuat karya.
g.       Terus berusaha dan tidak lupa untuk berdoa karena segala sesuatu itu datangnya dari Tuhan sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai.






BAB III
KESIMPULAN

3.1  Kesimpulan
Dari pemaparan yang telah dijelaskan dalam penulisan, dapat disimpulkan bahwa perkembangan musik di Indonesia sudah sangat pesat, tetapi dalam perkembangannya musik di Indonesia dipengaruhi oleh musik yang berasal dari luar negara sehingga keaslian dari musik Indonesia itu sendiri sedikit demi sedikit berangsur pudar. Dapat dibuktikan dengan semakin banyak peminat musik luar dibandingkan musik dalam negeri. Pengaruh musik luar juga dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan bergesernya band-band papan atas Indonesia dan tergantikan oleh boy dan girlband yang ada di Indonesia. Munculnya boy dan girlband di Indonesia tidak luput dari pengaruh musik Korea yang saat ini telah melanda seluruh musik didunia. Fenomena ini membuktikan bahwa musik dapat berubah setiap saat dan tidak menutup kemungkinan jikalau musik Indonesia suatu saat nanti akan menjadi fenomena dunia. Agar hal tersebut dapat tercapai, para pelaku industri musik di tanah air harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dalam bermusik dan menciptakan penampilan yang berbeda agar dapat tampil menjadi suatu identitas musik Indonesia.















Sumber Bacaan :
www.Id.wikipedia.org
www.Dotuku.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar