Komunikasi
adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi,
dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan
dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal
yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang
dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
dengan bahasa nonverbal. (wikipedia.org)
Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu komunikasi atau
proses untuk anggota menghimpun informasi yang berhubungan dengan organisasinya
dan merubah apa yang terjadi di dalamnya. (wikipedia.org)
Setiap
bentuk organisasi pasti mengedepankan sebuah komunikasi agar tercipta hasil
yang selaras. Biasanya proses komunikasi dalam suatu organisasi meliputi atasan
dan bawahan dengan metode penyampaian yang terarah dari suatu atasan ke
bawahannya yang semata-mata semua berorientasi berdasarkan organisasi. Bisa dibayangkan
berorganisasi tanpa adanya komunikasi pasti hasilnya nihil sama artinya dengan Actions without words are confusing tanpa mengetahui apa
tujuan yang jelas .Tujuan komunikasi dalam sebuah organisasi sangat memberikan
banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan para anggota bekerja dari
instruksi-instruksi yang diberikan dari atasan dan untuk mengurangi
kesalahpahaman yang biasa terjadi dan memang sudah melekat pada suatu
organisasi. Apabila semua bawahan dan atasan dapat berinteraksi dengan baik,
maka seluruh kesalahpahaman yang beresiko mungkin akan berkurang presentase nya
, karena tiap manusia mempunyai cara penyampaian komunikasi yang berbeda-beda
secara verbal dan mau tidak mau kita harus membuat si penerima informasi itu
mengerti informasi apa yang kita sampaikan. Dengan demikian semua pelaku
organisasi harus berbicara , bertindak satu sama lain untuk membangun satu
lingkungan kondusif dan mengetahui situasi-situasi apa yang akan terjadi di
luar suatu dugaan karena kesalahan komunikasi sekecil apa pun pasti akan
berakibat fatal.
Sebuah interaksi yang bertujuan untuk
menyatukan dan mensikronkan seluruh aspek untuk kepentingan bersama sangat
dibutuhkan dalam sebuah tujuan berorganisasi. Dengan kata lain, tanpa adanya
sebuah interaksi yang baik niscaya sebuah organisasi tidak akan mencapai
tujuannya. Maksud Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh anggota
organisasi yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi, instruksi tugas
kerja atau mungkin pembagian tugas kerja dalam organisasi. Interaksi sebenarnya
adalah proses hubungan komunikasi antara 2 orang atau lebih dimana orang yang
satu bertindak sebagai pemberi informasi dan orang yang lain berperan sebagai
penerima informasi. Intinya, korelasinya harus melibatkan dan terfokus kepada
orang-orang itu sendiri dalam suatu organisasi.
Peranan
tokoh pelaku organisasi sangat berperan penting dalam kemajuan organisasi.
Atasan organisasi juga sangat berpengaruh , atasan dituntut untuk melakukan
sesuatu tindakan yang real dan berdisiplin guna untuk mengurangi tingkat
kesalahpahaman yang terjadi pada anggota. Contoh, apabila melakukan rapat
atasan mengirimkan informasi pada suatu bawahannya dan bawahan menginformasikan
kepada seluruh anggota untuk datang ke suatu pertemuan rapat dengan waktu dan
tempat yang sudah ditentukan. Tetapi apabila atasan terlambat datang tanpa memberi
kabar yang jelas maka dari sini mulailah kesalahpahaman dan ambiguilitas yang
terjadi. Karena setiap pelaku organisasi dituntut untuk bersikap profesional
dan mengedepankan disiplin serta tanggung jawab yang besar dan itu akan terus
berlanjut apabila kita sudah melanjutkannya di dunia kerja. Atasan dituntut
atas apa yang diperkerjakan oleh bawahannya dan dapat mengawasi dan memotivasi
secara efektif , maka atasan harus mempunyai profesionalisme yang baik.
Dimulai
dari hal-hal kecil yang berpotensi membuat kesalahan komunikasi , suatu tujuan
organisasi akan terhambat. Maka peran teknologi juga sangat diperhitungkan
dalam suatu organisasi. Bisa berupa pesan singkat atau blackberry messenger dan
panggilan langsung melalui telepon. Upayakan berikan jalur komunikasi terbaik
bagi partner kerja demi mencegah ambiguilitas. Hal ini dikarenakan karena dalam
jalur komunikasi yang kita buat pasti selalu ada hambatan yang tidak akan kita
tahu. Baik dari permasalahan teknologi itu sendiri misalnya signal trouble yang
biasanya terjadi karena daerah tertentu masih belum memasuki jangkauan coverage
yang luas. Karena apabila kita membahas tentang hambatan , pasti akan banyak
sekali dalam hambatan dalam proses komunikasi.
Daftar Pustaka
id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
http://fuckinggraph.blogspot.com/2011/10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar